DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS
Konsep Dasar Strategi Yang Kompetitif
Hal ini menciptakan sisitem informasi strategis,
sistem informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategi
dari perusahaan bisnis. Jadi, sistem informasi strategis dapat berupa sistem
informasi apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain), yang menggunakan
teknologi informasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif,
mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis
perusahaan lainnya.
Perusahaan dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang, hanya jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk menghadapi lime tekanan kompetitif yang membentuk struktur persaingan dalam industrinya
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN STRATEGIS
Penggunaan Strategis Teknologi Informansi
Terdapat banyak cara perusahaan dapat memandang
dan menggunakan teknologi informasi. Contohnya, perusahaan dapat memilih untuk
menggunakan sistem informasi secara strategis, atau perusahaan dapat merasa
puas dengan menggunakan teknologi informasi untuk mendukung operasi rutin yang
efisien. Akan tetapi, jika perusahaan menekankan penggunaan strategis bisnis
dari teknologi informasi, manajemen perusahaan tersebut akan memandang
teknologi informasi sebagai faktor pembeda kompetitif yang utama. Pihak
manajemen kemudian akan membentuk berbagai strategi bisnis yang akan
menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai produk, jasa, dan
kemampuan yang akan memberi perusahaan keunggulan besar dalam pasar tempat
perusahaan bersaing.
Membangun Bisnis Yang Berfokus Pada Pelanggan
Bagi banyak perusahaan, nilai bisnis utama mereka untuk
menjadi bisnis yang berfokus pada pelanggan, yang terletak pada kemampuan
mereka untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, mengantisipasi
kebutuhan di masa mendatang, merespons kekhawatiran pelanggan, dan menyediakan
layanan pelanggan berkualitas tinggi. Fokus strategis atas nilai bagi pelanggan
ini mengakui bahwa kualitas bukan harga, melainkan telah menjadi determian
utama dalam persepsi pelanggan atas nilai. Dari sudut pandang pelanggan,
perusahaan-perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik mampu
menelusuri preferensi setiap pelanggannya, mengikuti tren pasar, pasokan
produk, layanan dan informasi, kapan saja, di mana saja, dan memberi layanan,
pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu,
teknologi internet telah menciptakan peluang strategis bagi perusahaan besar
dan kecil, untuk menawarkan layanan dan produk yang cepat, responsif, serta
berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.
Merekayasa Proses Bisnis
Teknologi informasi adalah bahan utama dalam merekayasa ulang proses bisnis dengan memungkinkan perubahan radikal atau proses bisnis yang secara dramatis akan meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Teknologi internet dapat memainkan peranan besar dalam mendukung perubahan inovasi atas desain arus kerja,persyaratan pekerjaan, serta struktur organisasi dalam sebuah perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar