Hal ini menciptakan sistem informasi strategis, sistem informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategi dari perusahaan bisnis. Jadi, sistem informasi strategis dapat berupa sistem informasi apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain), yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya.
Tekanan yang Kompetitif dan Strategi
Perusahaan dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka
panjang, hanya jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk
menghadapi lime tekanan kompetitif yang membentuk struktur persaingan dalam
industrinya.
Menggunakan
Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Strategis
- Penggunaan
Strategis Teknologi Informasi
Terdapat banyak cara perusahaan dapat memandang dan menggunakan
teknologi informasi. Contohnya, perusahaan dapat memilih untuk menggunakan
sistem informasi secara strategis, atau perusahaan dapat merasa puas dengan
menggunakan teknologi informasi untuk mendukung operasi rutin yang efisien.
Akan tetapi, jika perusahaan menekankan penggunaan strategis bisnis dari
teknologi informasi, manajemen perusahaan tersebut akan memandang teknologi
informasi sebagai faktor pembeda kompetitif yang utama. Pihak manajemen
kemudian akan membentuk berbagai strategi bisnis yang akan menggunakan
teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai produk, jasa, dan kemampuan
yang akan memberi perusahaan keunggulan besar dalam pasar tempat perusahaan
bersaing.
- Membangun Bisnis yang Berfokus pada Pelanggan
Bagi banyak perusahaan, nilai bisnis utama mereka untuk
menjadi bisnis yang berfokus pada pelanggan, yang terletak pada kemampuan
mereka untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, mengantisipasi
kebutuhan di masa mendatang, merespons kekhawatiran pelanggan, dan menyediakan
layanan pelanggan berkualitas tinggi. Fokus strategis atas nilai bagi pelanggan
ini mengakui bahwa kualitas bukan harga, melainkan telah menjadi determian
utama dalam persepsi pelanggan atas nilai. Dari sudut pandang pelanggan,
perusahaan-perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik mampu
menelusuri preferensi setiap pelanggannya, mengikuti tren pasar, pasokan
produk, layanan dan informasi, kapan saja, di mana saja, dan memberi layanan,
pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu,
teknologi internet telah menciptakan peluang strategis bagi perusahaan besar
dan kecil, untuk menawarkan layanan dan produk yang cepat, responsif, serta
berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.
- Merekayasa Ulang Proses Bisnis
Teknologi informasi adalah bahan utama dalam merekayasa
ulang proses bisnis dengan memungkinkan perubahan radikal atau proses bisnis
yang secara dramatis akan meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Teknologi
internet dapat memainkan peranan besar dalam mendukung perubahan inovasi atas
desain arus kerja,persyaratan pekerjaan, serta struktur organisasi dalam sebuah
perusahaan.
Menjadikan Perusahaan Yang Lincah
Kelincahan ( agility ) dalam kinerja bisnis adalah
kemampuan perusahaan untuk sejahtera dalam pasar global yang berubah cepat dan
terus terfragmen untuk produk dan jasa berkualitas tinggi, berkinerja baik, dan
disesuaikan dengan pelanggan. Perusahaan yang lincah dapat membuat laba dalam
pasar dengan pilihan produk yang luas dan bermasa hidup pendek, dan dapat
memproduksi peranan secara individual dan dengan jumlah yang besar. Perusahaan
tersebut mendukung penyesuaian massal ( mass customization ) dengan menawarkan
produk individual sambil mempertahankan produksi dalam volume yang tinggi.
Perusahaan yang lincah sangat bergantung pada teknologi internet untuk
memadukan dan mengelola proses bisnis, sambil menyediakan daya pemrosesan
informasi untuk melayani banyak pelanggan sebagai individual.
Menciptakan Perusahaan Yang Virtual
Membentuk perusahaan virtual telah menjadi strategi
kompetitif yang penting dalam pasar global yang dinamis saat ini. Internet dan
teknologi informasi lainnya memainkan peran penting dalam menyediakan sumber
daya komputer serta telekomunikasi untuk mendukung arus komunikasi, koordinasi,
dan informasi yang dibutuhkan. Para manajer perusahaan virtual tergantung pada
teknologi informasi untuk membantu mereka mengelola jaringan sumber daya orang,
pengetahuan, keuangan, dan fisik yang disediakan oleh banyak mitra bisnis untuk
secara cepat memanfaatkan peluang pasar yang berubah dengan cepat.
MEMBANGUN PERUSAHAAN YANG DAPAT
MENGHASILKAN PENGETAHUA
Keunggulan kompetitif yang dapat bertahan lama saat ini
hanya dapat berasal dari penggunaan dan manajemen yang inovatif atas
pengetahuan organisasi melalui perusahaan yang dapat menghasilkan pengetahuan
dan organisasi yang belajar. Teknologi internet secara luas digunakan dalam
sistem manajemen pengetahuan untuk mendukung pembuatan dan penyebaran
pengetahuan bisnis dan integrasinya ke dalam produk, jasa, serta proses bisnis
yang baru.
0 komentar:
Posting Komentar